WHAT'S NEW?
Loading...

Teknik Searching Dalam Artificial Intelligence

Sumber : http://www.twitterpowersystem.com/images/blog/search.jpg

Searching

Searching di dalam AI (Artificial Intelligence) adalah salah satu metode penyelesaian masalah dengan pencarian solusi pada suatu permasalahan yang dihadapi. Teknik searching terbagi menjadi dua, yaitu :
  1. Blind Searching
  2. Heuristic Searching

Blind Searching

Blind searching adalah model pencarian buta atau pencarian yang tidak memiliki informasi awal, model pencarian ini memiliki tiga ciri-ciri utama yaitu :
  1. Membangkitkan simpul berdasarkan urutan
  2. Jika ada solusi maka solusi akan ditemukan
  3. Hanya memiliki informasi tentang node yang telah dibuka, (node selanjutnya tidak ddiketahui)
Ada beberapa algoritma pencarian buta diantaranya BFS (Breadth First Search), DFS (Depth First Search), dan UCS (Uniform Cost Search).

Heuristic Searching

Heuristic searching merupakan metode pencarian yang memperhatikan nilai heuristik (nilai perkiraan). Teknik pencarian heuristik merupakan suatu strategi untuk melakukan proses pencarian ruang keadaan (state space) suatu problema secara selektif, metode ini melakukan proses pencarian di sepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar dan mengesampingkan usaha yang memiliki kemungkinan hasil minim dan memboroskan waktu. Heuristik adalah sebuah teknik yang mengembangkan efisiensi dalam proses pencarian, namun dengan kemungkinan mengorbankan kelengkapan (completeness).

Heuristic search memperkirakan jarak menuju goal (yang disebut dengan fungsi heuristik). Fungsi heuristik ini digunakan untuk mengevaluasi keadaan-keadaan problema individual dan menentukan seberapa jauh hal tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan solusi yang diinginkan.

Jenis-jenis heuristic searching :
  1. Generate and Test
  2. Hill Climbing
  3. Best First Search
  4. Alpha Beta Prunning
  5. Means-End-Analysis
  6. Constraint Satisfaction

0 komentar:

Posting Komentar