WHAT'S NEW?
Loading...

Pengantar Grafika Komputer


Pengantar Grafika Komputer

Menurut Sutoyo (2003), grafika komputer (computer graphic) dapat diartikan sebagai seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan film animasi. Sistem grafika komputer dapat dijalankan dengan komputer pribadi (personal computer) atau workstation. Grafika komputer memiliki perkembangan yang pesat sehingga definisi grafika komputer dapat diartikan sebagai suatu studi tentang bagaimana menggambar (membuat grafik) dengan menggunakan komputer dan manipulasinya (mengedit/transformasi/animasi).

Pengertian grafik berbeda dengan citra atau image, image adalah gambar yang diperoleh dengan alat pengambil gambar seperti kamera, scanner, dll. Sedangkan grafik adalah gambar yang dibuat dengan cara tertentu, yaitu cara yang ada di grafik komputer (contoh software pembuat grafik adalah Corel Draw).

Sejarah Grafika Komputer


Sejarah grafika komputer telah dimulai sejak jaman dahulu kala yaitu ketika bangsa Mesir, Roma dan Yunani berkomunikasi secara grafik. Beberapa lukisan yang terdapat pada batu nisan orang Mesir dapat dikatakan sebagai lukisan teknik. Perkembangan grafika komputer secara sederhana dapat dibagi menjadi 4 fase, yaitu :
  1. Fase Pertama (1950) Era Grafika Komputer Interaktif
    • Tidak begitu cepat karena teknologi, jumlah dan harga komputer tidak mendukung.
    • MIT berhasil mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode (Cathode Ray Tube-CRT).
    • Sudah menggunakan pena cahaya (Light Pen) yaitu sebuah alat input bentuknya seperti pensil yang digunakan untuk memilih posisi, menunjuk sesuatu dan menggambar pada layar dengan pendeteksian cahaya yang datang dari titik-titik pada layar CRT.
    • Telah ada alat pemrograman otomatis (Automatic Programming Tool).
  2. Fase Kedua (1960) Jaman Penelitian/Riset Grafika Komputer Interaktif

    • Grafika interaktif modern telah ditemukan oleh Ivan Sutherland.
    • Mengembangkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya
    • Sejumlah projek penelitian dan produk Computer Aided Design/Manufacturing (CAD/CAM) telah muncul.

  3. Fase Ketiga (1970)

    • Grafika komputer interaktif telah digunakan oleh sektor industri, pemerintah dan ilmuwan untuk memperbaiki kualitas desain produk secara tepat dan mudah.

  4. Fase Keempat (1980-1990)
    • Penelitian pada dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomasian pelbagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modelling).
    • Teknologi hibrid mulai diperkenalkan. Teknologi ini berguna untuk penggabungan objek pejal dengan permukaan.

Peranan dan Penggunaan Grafika Komputer

Grafika komputer telah menunjukkan kemajuan yang pesat dalam pengembangan berbagai aplikasi untuk menghasilkan gambar. Walaupun pada awalnya aplikasi dalam sains dan engineering memerlukan peralatan yang mahal, perkembangan teknologi komputer memberikan kemudahan penggunaan komputer sebagai alat bantu aplikasi grafik komputer interaktif. Pada saat ini grafika komputer digunakan secara rutin di bidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran, bisnis, industri, pemerintahan, seni, hiburan, pendidikan, periklanan dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar